Kupu-kupu Ku

Mengenal Gejala Awal Leukimia

Sabtu, 19 Mei 2012



 Sebagaimana penyakit kanker (cancer) yang lain, leukimia belum diketahui penyebabnya. Penyakit leukimia merusak sel-sel darah putih atau dalam bahasa kedokteran disebut  white blood cell (WBC). Dengan pengenalan dan penanganan dini, kesempatan untuk sembuh dari penyakit ini akan lebih baik. Berikut ini adalah gejala-gejala awal dari penyakit leukimia :
1.Mudah lelah. Leukimia dapat menyebabkan mudah lelah, karena peningkatan produksi sel-sel darah putih mengakibatkan penyerapan energi yang besar dari tubuh.

2. Berat badan berkurang terus. Leukimia menyebabkan berat badan berkurang, karena peningkatan produksi sel darah putih menyerap banyak kalori tubuh Anda.

3. Catat dan rasakan frekuensi sakit kepala/pusing dan kadang memunculkan rasa bingung. Peningkatan produksi sel darah putih yang tidak normal kemungkinan meresap ke sistem syaraf pusat.

4. Seringkali berdarah, mimisan atau muncul lebam-lebam di beberapa bagian tubuh.  Hal ini merupakan gejala umum penyakit leukimia pada anak. Disamping itu muncul bintik-bintik merah pada bagian tubuhnya, yang merupakan gejala umum leukimia anak yang lain, terkait dengan limpa dan pembengkakan hati.


5. Periksa jenis kepucatan. Apakah  kecerahan dan kebinaran wajah mulai redum? Hal ini juga merupakan gejala umum leukimia. Peningkatan produksi sel darah putih yang tidak normal kemungkinan ‘mendesak’ sel darah merah, sehingga membuat  menjadi seperti kurang darah.

6. Periksalah kelenjar getah bening. Rasakan sesuatu di di bawah ketiak atau tenggorokan atas. Apakah merasakan benjolan atau semacam pembengkakan di sana? Pembengkakan gejala getah bening merupakan gejala penyakit leukimia.

7. Cobalah untuk merasakan dan mengingat-ingat apakah  pernah mendapati infeksi ringan namun tak kunjung sembuh? Walaupun tubuh  terus memproduksi sel darah putih, sebagai anti body tubuh  terhadap infeksi,  namun sel-sel darah putih yang diproduksi dari tubuh seseorang yang terkena leukimia tidak sempurna dan tidak dapat melindungi tubuh.

8. Periksalah limpa dengan cara: berbaringlah  di tempat tidur, letakkan telapak tangan pada perut sebelah kiri, di bawah tulang rusuk. Rasakan apakah ada benjolan-benjolan kecil disana. Hal ini termasuk gejala leukimia.

9. Rasakan, apakah sering berkeringat di malam hari disertai nyeri pada tulang dan perut mual/kembung. Waspadilah, karena tanda-tanda tersebut merupakan gejala leukimia.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Lorem

Ipsum

Dolor